Rule of Third Dalam Fotografi



                Halo Sahabat Lensa! Selamat datang di Jurnal Lensa dimana kita disini memberikan berbagai informasi tentang fotografi.
                Oke, kali ini saya akan membahas tentang salah satu komposisi dalam fotografi yaitu Rule of Third. Apa itu Rule of Third? Lalu apa sih pengaruhnya dalam hasil foto kita? Pertanyaan- pertanyaan tersebut akan saya jawab dalam pembahasan berikut ini :

Komposisi dalam Fotografi
                Sebenarnya, dalam fotografi tidak ada aturan khusus yang harus dipatuhi agar bisa mencapai standar foto yang bagus. Menurut saya, fotografi adalah tentang  rasa dan cara kita memandang sebuah karya seni. Jadi, bagus tidaknya foto tergantung orang yang melihat. Namun, ada sebuah cara atau metode yang dapat membantu meningkatkan kualitas foto kita yaitu komposisi. Dengan komposisi, foto yang kita hasilkan akan terlihat seimbang. Ya setidaknya enak dipandang lah. Namun kembali lagi, rasa dalam foto tetap menjadi prioritas utama. Walaupun  foto kita sudah mematuhi komposisi foto yang benar  tetapi tidak melibatkan rasa dalam foto tersebut ya sama saja, penonton tidak akan tahu maksud dari foto kita guys.

Pengertian Rule of Third
                Sebenarnya banyak sekali macam komposisi dalam fotografi. Semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu agar foto kita terlihat seimbang. Nah, yang akan saya bahas adalah Rule of Third. Rule of Third adalah metode atau cara yang membagi frame dengan 2 garis vertikal dan 2 garis horizontal  sehingga tercipta 9 segmen yang sama. Lali letakkan objek yang menjadi Point of Interest atau objek yang menjadi fokus utama dalam foto di garis Rule of Third atau pada titik perpotongan antara garis Rule of Third. Seperti ini contohnya :





        Jadi keren kan guys fotonya.Dengan kita tahu teknik komposisi dalam fotografi akan membantu meningkatkan kualitas kita dalam memotret foto. Hampir semua kamera sudah dilengkapi oleh  fitur grid Rule of Third bahkan kamera handphone pun punya. Kalian tinggal mengaktifkannya di pengaturan.
        Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan. Kedepannya pasti akan ada lagi teknik komposisi fotografi lainnya guys. Stay tune di Jurnal Lensa!







Komentar

Postingan Populer