Tutorial Membuat Efek Duotone Photoshop


Halo Sahabat Lensa! Bagi kalian yang pecinta musik pasti tidak asing dengan Spotify kan? Ya, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan mendengarkan berbagai musik di dunia. Nah, kalian pasti menyadari jika desain dari cover playlist yang dibuat oleh Spotify memiliki style yang unik dan digunakan secara konsisten. Style tersebut bernama duotone.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial cara membuat foto kalian seperti ala ala Spotify guys. Aplikasi yang saya gunakan disini adalah Photoshop. Dan berikut tutorial nya guys :

Pertama, siapkan foto kalian dan masukkan ke dalam Photoshop dengan cara klik File lalu klik Open. Cari foto kalian dan klik Open.


Setelah memasukkan foto, selanjutnya hilangkan background dari foto dengan menyeleksi objek dengan Quick Selection tool atau Magic Wand tool, terserah kalian.


Klik kanan, lalu pilih layer via cut. Selanjutnya hilangkan icon mata pada layer background dengan cara diklik sehingga background foto jadi hilang.


Karena ukuran kanvas foto saya berbentuk vertikal dan menurut saya tidak cocok maka saya mengubah ukuran kanvas foto saya menjadi persegi seperti ini.


Selanjutnya buat layer baru (Shift + Ctrl + N) lalu namai background duotone. Pastikan layer tersebut berada di bawah layer foto kita.


Pilih layer "background duotone" lalu klik edit dan cari Fill (Shift + F5). Ubah contents menjadi white sehingga tercipta background putih dibelakang foto.



Selanjutnya klik create adjustment layer lalu pilih gradient map.


Ubah warnanya sesuai selera. Jika kalian bingung carilah referensi warna warna yang digunakan untuk duotone di google. Disini saya menggunakan kombinasi warna hijau dan biru.


Dan hasilnya akan seperti ini :


Untuk mempercantik, saya tambahkan teks.


Lalu saya tambahkan ornamen ornamen bentuk lingkaran. Pada proses ini tergantung pada selera kalian. Kalian bisa melihat referensi-referensi agar kalian mendapatkan inspirasi.


Dan ini adalah hasil akhirnya :


Komentar

Postingan Populer