Mending Beli DSLR atau Mirrorless?

Mending Beli DSLR atau Mirrorless  ? Simak artikel berikut!


Sumber foto: sleeklens.com

Dewasa ini, media sosial menjadi salah satu kebutuhan penting dan eksistensi bagi sebagian besar orang. Media sosial dimanfaatkan oleh orang untuk membangun jati diri atau citra-nya mereka. Pencitraan tersebut dapat berupa hal apapun termasuk foto. Oleh karena itu, banyak orang ingin tampil keren dan kece di setiap fotonya. Hal ini yang membuat orang ingin belajar lebih tentang fotografi.
Bagi fotografer pemula yang ingin terjun ke dunia fotografi, langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan kamera yang akan digunakan. Mirrorless atau DSLR ? Tentunya ini bisa menjadi hal yang membingungkan. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang perbandingan Mirrorless atau DSLR.

Perbandingan Harga Kamera Mirrorless dan DSLR.
Saat seseorang memilih barang, salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah harga barang tersebut. Memang kondisi keuangan juga sangat penting, di dunia fotografi tidak ada hal yang murah jika ingin mendapatkan hasil yang bagus. Misalkan kita punya budget 10 juta, mau tidak mau tipe kamera yang kita pilih merupakan kategori beginner-intermediate-semi pro.

Sumber foto: kuulphoto.com

Dengan budget 5-8 juta kamu sudah bisa membeli kamera Mirrorless atau DSLR entry level. Belum lagi jika nanti ingin upgrade memori,tripod,baterai maupun lensa. DSLR memiliki memiliki komponen dan mekanisme kerja yang lebih lengkap dan rumit serta lebih komplit. Mirrorless pun memiliki hasil warna yang sangat bagus dan juga sangat bagus untuk video. Semua itu kembali ke budget kita keduanya bagus dan ada kategori juga untuk beginner, beli bekas pun tidak apa apa asalkan masih berfungsi dengan baik.

Bentuk dan Praktisnya Kamera
DSLR memiliki komponen cermin yang disematkan dalam kerangka tubuh kamera. Cermin ini memiliki fungsi untuk memantulkan cahaya dari objek bidikan menuju ke sensor dan bidik optik. Cermin inilah yang membuat DSLR memiliki ukuran yang "besar" dan berat.

Sumber foto: youtube.com/Sony

Sedangkan mirrorless tidak memiliki cermin tersebut yang membuat mirrorless lebih ramping dan ringan yang lebih penting juga sangat praktis ini menjadi salah satu alasan mengapa orang orang lebih menyukai mirrorless. Namun ada yang lebih suka menggunakan kamera DSLR meski bentuknya besar dan agak berat karena kinerjanya yang lebih bagus dan tahan lama.

Penggantian Lensa
Selain harga dan bentuk, lensa juga menjadi pertimbangan orang saat menggunakan kamera. Pada kmaera DSLR lensa bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan sang fotografer. Pada kamera mirrorless dengan merk tertentu sebenarnya lensanya juga bisa diganti, namun pilihannya tidak sebanyak DSLR.

Sumber foto: PlazaKamera.com

Kamera mirrorless mengandalkan bentuk lensa yang lebih tipis karena jarak antara dudukan lensa dengan sensor kamera juga lebih pendek dibandingkan kamera DSLR, oleh karenanya lensa kamera mirrorless lebih sering disebut lensa “pancake”. Namun saat ini telah beredar juga aksesoris tambahan atau adapter yang memungkinkan lensa kamera DSLR dipasang pada perangkat kamera mirrorless.

Daya Baterai Kamera
Penggunaan daya baterai kamera DSLR dan mirrorless keduanya telah menggunakan cara kerja yang berkonsep digital mulai dari pengaturannya hingga penyimpanan gambarnya. Oleh karena itu, penggunaan daya baterai juga menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih DSLR atau mirrorless. DSLR memiliki cermin yang memungkinkan fotografer untuk melihat objek foto melalui lensa lewat jendela bidik optik meski kamera dalam keadaan mati atau off.

Sumber foto: Google id.aliexpress.com

Hal ini membuat DSLR menjadi lebih hemat daripada mirrorless. Berbeda dengan mirrorless, objek foto yang masuk melalui lensa langsung menuju sensor dan ditampilkan pada electronic view finder dalam bentuk layar LCD. Mekanisme tersebut sudah bisa menjelaskan jika kamera mirrorless lebih boros pada penggunaan daya baterai. Maupun hemat ataupun tidak lebih baik kita membeli baterai cadangan sebanyak 2 atau 3 buah hal ini sangat membantu seorang fotografer jika ingin mengambil foto yang membutuhkan waktu berjam-jam.

Kualitas Gambar Yang Dihasilkan Kamera
Perbandingan berikutnya adalah mengenai kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera DSLR memiliki dua sensor berbeda, yaitu sensor cahaya dan sensor fokus kamera, keduanya bekerja secara simultan dengan pengaturan dan kalibrasi masing-masing. Oleh karena itu, gambar yang dihasilkan pun lebih sempurna dan jernih serta lebih mudah digunakan untuk seorang pemula.

Sumber foto: rumorkamera.com

Mirrorless pun hasilnya tidak kalah jauh dengan DSLR jika kamu mengaturnya dengan baik dan sesuai foto yang dihasilkan juga tidak kalah indah dengan kamera DSLR. Setiap tipe kamera DSLR maupun Mirrorless memiliki keunggulan masing masing, nanti kita bahas di artikel lain yup! Ditunggu saja di blog Jurnal Lensa.

Pengaturan Kamera
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, mekanisme kerja kamera DSLR sangat komplit dan rumit dibandingkan mirrorless. Selain pengaturan pengaturan standar, kamera DSLR membutuhkan proses kalibrasi pada sensor sensor yang ada adar saat digunakan kedua sensor itu bekerja dengan baik.
Pengaturan pada kamera mirrorless bisa dikatakan lebih sederhana karena secara umum hanya mengadopsi pengaturan standar sebuah kamera seperti kecepatan ISO, pengaturan white balance serta pengaturan aperture. Ini pun juga menjadi alasan mirrorless lebih banyak dipilih dengan pengaturan yang sederhana.

Sumber foto: Google

Pada akhirnya, apapun jenis atau merk kamera yang digunakan semua itu kembali ke diri kita masing masing. Seorang fotografer memiliki naluri dalam proses pengambilan gambar menjadi faktor penting dalam menghasilkan foto yang bagus nan indah. Kamera apapun itu sesederhana pun itu jika sudut pengambilan gambarnya tepat dan sesuai, foto yang dihasilkan pun bisa menjadi sempurna. Jadi, lebih pilih mana nih DSLR atau Mirrorless? Itu pun tergantung budget kamu juga ya !

Komentar

Postingan Populer