Cara Edit Foto Ganti Background Menggunakan Photoshop

Cara Edit Foto Ganti Background Menggunakan Photoshop


Di era sekarang, mempunyai foto bagus seakan menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Semua orang berlomba-lomba menunjukkan foto terbaiknya di dunia maya. Oleh karena itu,dibutuhkan keahlian di bidang editing foto. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit foto, salah satunya Photoshop. Berbagai versi telah diluncurkan oleh Photoshop seperti CS series dan yang terbaru adalah CC series yang kita tahu mempunyai banyak kelebihan di dalamnya.

Banyak teknik yang dapat kita gunakan menggunakan Photoshop, salah satunya adalah edit foto ganti background. Dengan cara ini kita bisa mengganti background foto sesuai dengan keinginan kita.

Berikut adalah langkah-langkah Mengedit Foto Mengganti Background menggunakan Photoshop :

Cara Mengganti Background Menggunakan Photoshop 

Pertama, buka aplikasi Photoshopnya. Versi yang saya gunakan adala versi CC 2019. Sebenarnya tidak masalah jika berbeda versi. Kalian tetap bisa mengikuti tutorial ini.

Setelah itu, buka foto yang ingin diedit dengan klik File lalu pilih Open (Shortcut Ctrl+O)


Setelah foto dimasukkan, buka gembok layer foto dengan double click layer foto.


Setelah dibuka layer foto akan berubah nama menjadi layer 0.


Selanjutnya, seleksi objek foto menggunakan Magic Wand Tool (Shorcut W). Pastikan diseleksi dengan hati-hati agar hasilnya memuaskan.


Jika sudah, klik kanan lalu pilih "layer via copy" sehingga objek akan terpisah dengan background. Maka akan terbuat layer baru dengan nama layer 1


Lalu klik icon mata pada layer 0


Sehingga background dari foto jadi hilang seperti ini


Setelah background dari foto hilang, selanjutnya kita masukkan foto yang akan dijadikan background foto kita. Caranya, klik File lalu pilih Place Embedded. Cari fotonya lalu klik Place. Jika sudah, maka tampilannya akan jadi seperti ini.



Namai layer yang menjadi background menjadi "background"


Pastikan layer "background" dibawah layer 1


Dan tadaaaaa berikut hasilnya :



Teknik ini hanya merupakan teknik basic dari Photoshop. Masih ada jutaaan teknik editing yang bisa diexplore menggunakan Photoshop yang nantinya akan kita bagikan tutorialnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer