Fotografi Human Interest

Apasih fotografi human interest itu?
Halo Sahabat Lensa, kembali lagi di Blog Jurnal Lensa kali ini kita akan membahas jenis fotografi yang tidak asing lagi bagi seorang fotografer yaitu Human Interest. Human Interest adalah salah satu jenis fotografi yang menggambarkan kegiatan seseorang atau kisah hidup seseorang dalam sebuah foto, kamu tau kalimat "A picture is worth a thousand words" begitulah kira kira apa yang seharusnya disampaikan oleh foto Human Interest.

Jadi pada dasarnya human interest itu adalah kisah tentang manusia, yang menjadi subjek sekaligus objek utama dari foto human interest adalah manusia itu. Melalui foto foto itu kita dapat menampilkan kisah yang bahkan tidak bisa terlukiskan dengan kata kata. Lewat definisi yang telah dijelaskan diatas, tujuan human interest selain menampilkan kisah dari subjek foto, orang yang melihat akan menimbulkan rasa empati atau termotivasi.

Human Interest apakah termasuk bagian dari foto jurnalisme? Di dalam fotojurnalisme, human interest termasuk dalam bagian feature. Bagian ini biasanya sisipan dan bukan untuk berita utama. Kategori human interest lebih banyak tentang kehidupan individu atau masyarakat biasa yang jarang diulas.

Lihat foto dibawah berikut ini, ketika anda melihat foto tersebut apa yang muncul di pikiran anda?


Sumber foto: behance

Pandangan setiap orang pun berbeda beda, seorang anak kecil yang sedang bermain entah mungkin di sebuah proyek yang belum jadi dan ada kubangan air.  Anak anak tersebut memanfaatkan apapun yang ada di sekitar mereka untuk kesenangan mereka.

Buatlah foto tersebut terlihat se-natural mungkin, atau candid namun tetap memiliki komposisi foto yang bagus. Setiap jepretanmu itu adalah momen yang sangat berharga. Karakter di fotomu itu juga sangat penting di foto Human Interest.

Komentar

Postingan Populer